GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN PROSES PEMBELAJARAN
I.
GURU SEBAGAI
PENGELOLA KELAS
- guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
- volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa;
- tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa;
- guru menyesuaikan
materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa;
- guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran;
- guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung;
- guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi;
- guru menghargai pendapat siswa;
- guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi;
- pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan
- guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.
II. GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN
1) KEGIATAN PENDAHULUAN
Dalam kegiatan
pendahuluan, guru;
- Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
- Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
- Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
- Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2) KEGIATAN INTI (eksplorasi,
elaborasi, dan konfirmasi).
A. EKSPLORASI
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
- Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
- Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
- Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
B. ELABORASI
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
- Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
- Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
- Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
- Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
- Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.
- Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
- Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
- Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.
C. KONFIRMASI
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
- Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
- Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
- Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
- Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
- Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
- Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
- Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan
- Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3) KEGIATAN PENUTUP
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
- Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
- Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
- Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Tidak ada komentar