GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DAN PROSES PEMBELAJARAN




I.      GURU SEBAGAI PENGELOLA KELAS

    • guru mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
    • volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh siswa;
    •  tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh siswa;
    •  guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa;
    • guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran;
    • guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung;
    • guru menghargai siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi;
    • guru menghargai pendapat siswa;
    • guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi;
    • pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diajarkannya; dan
    • guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.


II.    GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

1)  KEGIATAN PENDAHULUAN
Dalam kegiatan pendahuluan, guru;
    • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
    • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
    • Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
    • Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.


2)  KEGIATAN INTI (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi).
A. EKSPLORASI
      Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
    • Melibatkan siswa mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
    • Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.
    •  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
    • Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran, dan
    • Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan.
B. ELABORASI
     Dalam kegiatan elaborasi, guru:
    • Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
    • Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
    • Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.
    • Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
    • Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
    • Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok.
    • Memfasilitasi siswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok.
    • Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
    • Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa.

C. KONFIRMASI
     Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
    • Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
    • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber.
    • Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
    • Memfasilitasi siswa untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
    • Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
    • Membantu menyelesaikan masalah siswa dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
    • Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, dan
    • Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3)  KEGIATAN PENUTUP

          Dalam kegiatan penutup, guru:
    • Bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
    • Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
    • Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran.
    • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa.
    • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.